Upacara 17 Agustus

Kemarin tanggal 17 Agustus – Hari kemerdekaan Indonesia. Sampai saat ini usia negeri ini sudah mencapai 70 tahun. Tua? Engga kok. Negeri ini masih muda. Masih harus dibantu untuk tumbuh dewasa. Nah di hari ulang tahun negeri ini yang ke 70 aku bersama teman-teman mewakili Unsoed untuk upacara di alun-alun.

Jam setengah empat kurang aku baru berangkat ke rektorat, aku kira terlambat tapi untungnya engga 😀 . Oke kecepatan ceritanya, mundur sedikit. Dijalan karena aku kira sudah terlambat jadi aku memutuskan menerobos perumahan Arca dan ternyata ada pawai! Iya ini kan 17 agustus. Jadi bukannya tambah cepat malah tambah lama 😦 Nah sampai direktorat sedikit lega karena masih ada bis yang dipakai untuk transport nanti – Artinya belum pada berangkat. Aku melihat baru satu orang didepan rektorat. Ternyata yang lain pada sholat.Yang datang upacara lumayan banyak juga, yang aku kenal juga lumayan banyak.

Nah tibalah saatnya berangkat tetetetetet. Sudah lama tidak naik bis jadi agak pusing hohoho. Bis Unsoed ternyata lumayan juga, luas dan ada colokannya disetiap deret bangku 🙂 Oke tiba di jalan Masjid. Jalanan sudah ditutup tapi bis kami dibolehkan masuk. Aku melihat sudah banyak yang berbaris disana. Yang pertama aku lihat ada anak SMA memakai osis yang ternyata SMA 5 sedang berbaris dijalan. Kurasa seluruh SMA kecuali kelas 3 ada disitu. Ternyata mereka yang berugas menjadi Opade – menyanyi didepan lapangan. Lanjut nih bisnya jalan. Tidak ada tempat parkir lagi, jadi kami memutuskan untuk terus mengelilingi lapangan parkir dekat ichi bento. Bis parkir diantara mobil tentara coba hahaha.

Ternyata engga sia-sia juga ikut upacara ini. Yaa lumayan lah pertunjukannya dan suasananya serta pengalamannya. Kami berbaris ditengah-tengah lapangan. Sebelah kiri kami murid SMK berpakaian militer putih. Sebelah kanan kami ada PNS, sebelahnya lagi SPN dususul Brimob dan tentara. Saat kami berbaris ada anak-anak SMA menggunakan seragam pramuka dan osis. Mereka sedang berjalan untuk berbaris di sebelah kiri lapangan. Anak Unsoed yang lain pada ngeliatin anak-anak SMAnya hahaha. Ya maklum anak teknik, engga ada yang bening disana kan hahahaha 😀 Sampai-sampai bos ayam juga liatin 😀 Oke terus upacara dimulai. Pertama dubuka dengan Opade oleh anak-anak SMA 5 tadi. Opade dimulai dengan 2 barisan SMA tadi berbaris ketengah lapangan masing-masing dari kanan dan dari kiri lapangan. Lalu mereka berhenti ditengah lapangan menghadap bendera dan mulai menyanyikan beberapa lagu nasional dengan dipimpin seorang dirijen. Dirijennya bagus loh. DrumBandnya juga keren.

Nah setelah Opade selesai, dilanjut dengan barisan paskibra yang dikawal oleh tentara, Paskibranya ada yang dari SMA 2 loh 😀 Sebenarnya urutannya sebentar. Menyiapkan barisan, Opade, penurunan bendera, bubar. Tapi persiapannya itu yang lamanya naudzubilah. Ya kurang lebih satu jam berdiri dialun-alun. Rasanya pegal karena sudah lama tidak upacara 😦 Ohya didepan, ditempat para petinggi aku melihat seorang wanita militer berpakaian hijau-hijau. Setelah upacara selesai, seperti biasa sesi foto-foto. Setelah itu kami kembali ke bis untuk pulang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s