Writing Chalenge #3 : Free Writing About Song

Kalau bicara tentang lagu, semua orang pasti mempunyai lagu yang mereka suka dan mereka benci. Aku sendiri mempunyainya. Lagu yang aku suka. Terkadang sebuah lagu dapat membawamu pergi dari tempatmu berada menuju dunia penuh fantasi, sama seperti tulisan. Sebuah lagu memiliki jiwanya sendiri, dan terkadang dia memiliki sejarahnya sendiri yang hanya berarti bagi orang tertentu. Sejarah yang hanya dimengerti oleh orang tertentu. Sebuah lagu bisa menejadi simbol akan suatu peristiwa, baik itu yang bahagia atau sebaliknya.

Ada sebuah lagu yang selalu mengingatkanku (atau mungkin lebih tepat menyindir) akan sesuatu. Lagu karangan Ebiet G. Ade yang berjudul “Lagu Untuk Sebuah Nama”. Iya seleraku memang lawas dan aneh hahaha. Jadi, kembali lagi ke lagu itu. Setiap kali aku mendengar tentang lagu ini baik secara sengaja atau tidak, aku selalu teringat akan sesosok orang yang dulu pernah menjadi orang spesial dalam hidupku. Setidaknya itulah yang aku rasakan. Dan setiap kali aku mengingat orang itu, ada perasaan aneh ini yang muncul dalam hatiku. Perasan campur aduk yang tidak ingin aku ingat sekaligus ingin aku lindungi. Perasaan memalukan sekaligus manis yang bercampur menjadi satu dengan perasaan-perasaan lain.

Jadi teringat tentang ingatan-ingatan itu. Sedikit demi sedikit ingatan itu memudar dan aku takut kalau lama-lama ingatan itu bisa menghilang begitu saja. Itu tidak bagus! Aku ingin selalu mengingat ingatan yang memalukan itu. Kembali ke dua tahun lalu dimana aku baru saja menginjakkan kakiku di ruangan kelas 3 SMA. Ceritanya panjang, dan mungkin tidak akan aku ceritakan dalam waktu dekat hahaha. Yah lain kali saja cerita tentang itu, yang jelas jika aku mendengar lagu Ebiet G. Ade itu, aku selalu teringat dengannya dan segala kenangan yang ditinggalkannya.

Ada lagu lain? hmm mungkin ada. Dulu ada sebuah film yang sangat terkenal, aku juga suka dan sangat memfavoritkannya. Judulnya “Jomblo”. Film yang mengisahkan cerita cinta sekelompok mahasiswa. Hmm, jadi ingat. Mungkin kapan-kapan aku nonton lagi. Dalam film itu ada sebuah lagu yang sangat bagus, saat dimana Oleve (kalau tidak salah sih namanya itu) menangis karena dikhianati. Judul lagunya “Dewi Malam”. Lagu itu pernah aku nyanyikan (dalam SMS, wagu ya?) kepada orang spesial lainnya. Seseorang yang dulu sangat aku kenal dan sangat spesial. Lebih spesial dari orang yang aku ceritakan diatas dengan lagu Ebiet G. Ade. Ceritanya kita kembali kemasa SMP. Masa dimana Alay dan yah.. hal-hal memalukan terjadi. Saat itu aku masih sangat egois, arogan, aneh, yah bercampur dengan hal-hal jelek lainnya. Memalukan kalau aku mengingat-ingat kejadian lampau hahaha. Sosok “orang spesial SMPku” itu seperti dewi malam dalam lagu itu. Setidaknya bagiku. Pertemuan kami aneh, sangat aneh. Tapi kami, entah kenapa memilih untuk terus bersama. Ya, aku tak akan lupa hari pertemuan kita. Aku ceritakan kapan-kapan juga ya. Mungkin. Orang itu sedang apa ya sekarang?

Mungkin lagu terakhir adalah lagu dari Project Pop berjudul “Ingatlah Hari Ini”. Lagu itu mengingatkanku dengan teman-temanku. Saat-saat masih SMA dan main bareng. Lagu itu menjadi lagu terakhir saat karaokean. Lagu itu juga menjadi lagu di hari perpisahan kami (mungkin. Aku lupa). Yah yang jelas lagu itu mengingatkanku kalau aku pernah mempunyai saat-saat berharga dengan sekumpulan orang yang aku sebut teman. Oh iya, bicara tentang perpisahan, aku juga ingat saat perpisahan SMP The Jumper menyanyikan lagu “mungkinkah” pada perpisahan SMP. Saat itu aku rasa aku menangis hahaha. Sebuah lagu yang kita anggap biasa-biasa saja dapat memiliki arti spesial untuk orang lain. Sebuah lagu dapat menyimpan berjuta sejarah berharga milik seseorang. Sebuah lagu dapat membawa kita kembali ketempat dimana sebuah kenangan berada.

Well, sudah lama aku menulis, menyenangkan. Sampai ketemu lagi di tantangan berikutnya! Oh, mungkin kita akan sedikit bersenang-senang dengan mengarang cerita hihihi.

Leave a Reply

